Awalnya saya sangat tidak suka main game online, dan cenderung ignore
apa yang berbau game karena merasa akan membuat waste time serta akan
membuat anak saya nantinya kecanduan.
Sumber foto : detikInet, dari ki-ka : Ivan Chen (Majapahit Online), Heru Nugroho (Nusantara Online), dan Arief Widhiyasa (Agatha Studio)
Tetapi pas saya hadir di acara ngOpi (ngobrolin peristiwa internet) tgl 27 Juli 2011 di kantor detik.com,
dengan moderator seperti biasa @wicakhidayat, anggapan dan pandangan
saya terhadap game berbalik 180 derajat, karena dari paparan para nara
sumber Ivan Chen dari Majapahit online, Mas Heru Nugroho dari Nusantara
Online dan Arief Widhiyasa dari Agatha Studio, ternyata dengan main game
tertentu, bisa meluaskan wawasan, apalagi game online lokal yang dibuat
oleh Ivan dan Mas Heru, berbasis cerita dari sejarah nusantara dan
kerajaan yang dapat mempertahankan budaya serta peninggalan leluhur
kita.
Seperti dikatakan Ivan (Majapahit Online) dan Mas Heru (Nusantara
Online), motivasi meluncurkan game lokal adalah sebagai bukti cinta
tanah air dan ingin game lokal meraja di negeri sendiri, sebab menurut
cerita Mas Heru katanya ada sebuah buku sejarah kerajaan yang super
tebal sempat dibeli oleh pengusaha game luar negeri, dan ceritanya serta
tokohnya dibuat game online luar, wah…..ada indikasi diklaim lagi kalau
bukan kita sendiri yang menjaganya.
Konsep Game Online lokal pun jangan dianggap remeh, sebab Nusantara
Online pun bisa riset sampai negara Tibet, bertujuan agar kualitas game
lokal bisa setara dengan game-game luar yang banyak digandrungi
anak-anak sekarang juga sama fun nya.
Menurut Arif dari Agatha Studio, walau konsepnya tak berbasis cerita
sejarah atau Kerajaan Nusantara, namun masih mempunyai ciri lokal dan
lebih mengarah ke kebersamaan dalam membuat engine atau berbagi dalam
membuat konsep yang bisa menyatukan dari game lokal lainnya.
Karena fakta sejarah belum tentu benar, maka dalam memuat cerita
serta tokoh dalam sebuah game pun tetap harus hati hati, maka diperlukan
sebuah riset entah itu dari buku, situs,prasasti atau apapun yang bisa
dibuat acuan.
Pengalaman Ivan, Mas Heru dan Arif dalam membuat game online lokal
berawal dari komunitas penyuka game, dan akhirnya saling menyumbang ide
dan konsep, kadang dari satu komunitas dan komunitas lainnya bisa saling
berbagi dan kolaborasi sehingga mencapai kesempurnaan konsep
masing-masing.
Kadang dalam membuat sebuah konsep game bisa kolaborasi dengan IT
team, pemusik juga penulis, saat membuat sebuah konsep game pun harus
dalam keadaan senang dan happy karena akan berpengaruh terhadap
hasilnya.
Dalam pengembangan bisnis game online, ada baiknya antara team
kreatif dan marketing tidak disatukan, agar game online bisa mempunyai
inovasi-inovasi yang baru dan ekspresi yang tidak berujung serta tidak
terganggu.
Gak rugi ternyata saya hadir di acara ini, mengubah banget pandangan
saya terhadap game, khususnya game online, jika digunakan secara tepat
waktu dan diambil sisi manfaatnya ternyata sangat meluaskan wawasan ilmu
yang tak hanya dalam dunia game dan memainkannya saja, bisa saja ide
kreatif terpacu, management bisnis terlatih dan sosialisasi berkomunitas
dituntut karena akan membuat game yang dibuat semakin berwarna dan
konten berkualitas.
Acara yang sungguh bermanfaat, oh ya buat teman teman yang berminat
ikutan diskusi ini, ada setiap bulan lho biasanya ada info nya di
detikInet, bisa cek disini
, setiap bulan tema nya berbeda, saya sendiri sudah ikutan dua kali,
acaranya malam sepulang kerja, selain dapat makan malam, ngopi, juga
dapat souvenir yang cantik, dan bisa foto narsis di Expresso.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar