Maximum Containment Area
Pada zona
ini saya akan banyak menggunakan istilah "kiri" dan "kanan". Itu artinya
dari sisi Kurtis. Saat view belum diubah. Maksunya saat kita melihat
punggung Kurtis.
Jalan aja terus, abaikan kontrol room di kiri dan genangan air beracun
di kanan. Sampai ber temu persimpangan, belok kanan, hampiri pintu ke
dua sebelah kiri. Kurtis akan menggunakan ilmunya untuk menemukan password. Setelah dapat, kembali ke control room yang
di lewati tadi. Masukan angka tersebut, yang akan membuka 2 pintu.
Masuk ke pintu yang di buka tadi, temukan ID card di dekat mayat. Begitu
keluar dari ruangan ini, belok kiri, gunakan ID card tadi untuk menuju
ruangan berikutnya. dari sini, belok kanan. Masuki pintu di ujung.
Ada dua jalan di sini, lurus dan kanan. Ambil jalan kanan terlebih dahulu untuk mendapatkan ID card.
Kanan, masuki pintu di kiri. Seekor monyet mirip serigala akan
nyelonong keluar. Ikuti hewan tersebut masuk ke pintu yang hanya terbuka
setengah. Dari sini ikuti jalan ini sampai mentok ke sebuah pintu.
Masuklah ke dalam. Kurtis akan berada di ruangan besar tempat isolasi
monster monyet mirip serigala tadi. Sekarang sudah kosong. Temukan jalan
menuju kandang tersebut. Naik ke atasnya. Dan melompat ke sebuah jalan
yang runtuh. Di sebelah kanan posisi Kurtis naik. Jalan ini akan
menghantar Kurtis ke sebuah ventelasi. Masuki ventelasi tersebut, nanti
kurtis akan bertemu dengan dua mayat penjaga. Ambillah ID card di sini
untuk membuka kurungan Lara. Setelah itu, Kurtis akan tiba di dekat
"posisi semula".
Belok kiri, sampai mentok, belok kiri lagi. Buka pintu dengan ID card.
Kurtis akan berhadapan dengan monster monyet yang mirip serigala. Hajar
sambil mundur, jika ia mendekat, melompatlah ke belakangnya. Ia akan
melarikan diri beberapa kali sebelum menyerang kembali. Inilah
kesempatan Kurtis untuk menyembuhkan diri. Setelah ia mati (di tikam
dengan pisau Kurtis dalam event). Tekan tuas. Maka pintu yang mengunci
Lara akan terbuka. Saksikan even.
Aquatic Research Area
Oke!, Lara again. Begitu keluar dari elevator ini, lihatlah pintu di
depan Lara, kurang lebih sama tinggi dengan tempat Lara berdiri. Untuk
menuju kesana harus lewat bawah dan naiki pipa. Tetapi masalahnya di
bawah ada 2 senapan mesin otomatis dengan camera. Karena itu, belok
kiri, turun lewat bagian yang tidak ada pagarnya. Kalau Lara turun lewat
tangga, pasti kena berondong. Sesampai di bawah, ambil jalan yang mepet
ke kiri. Lewati tiang dengan sela di bawahnya sambil merayap. Putar
kran, tunggu sesaat sampai kabut biru (lebih tepatnya asap) memenuhi
ruangan, lalu baru temukan pipa untuk Lara panjat menuju pintu yang
terlihat tadi.
Berikutnya, tekan tombol monitor, Lara akan melihat sebuah lampu
berwarna merah. Tembak lampu tersebut untuk mengatasi senapan mesin
camera. Setelah lampu tadi meledak, tekan tombol, masuki pintu. Panjat
tangga. Ikuti jalan ini, maka Lara akan berada di sebuah kolam besar
dengan dua monitor berdampingan.
Berdiri di tepat depan monitor tersebut. Pandang sekeliling dengan tuas
kanan. Agar mempermudah penyajian, saya akan beri nama masing-masing
point. Perhatikan bangunan kecil yang berlampu di kiri atas, saya beri
nama "point A", lift di tengah atas ruangan, saya beri nama "point B"
dan bangunan di kanan atas yang lebih kecil saya beri nama "point C".
Dari titik Lara berdiri (di depan dua monitor berdampingan), pergi ke
kanan, temukan sebuah lorong di sebelah kanan sekali. (paling kanan).
Terjunlah ke dalam air di depan lorong ini. Masuk ke dalam jeruji yang
rusak, belok kiri, tekan tuas. Monitor kanan pada point awal akan
menyala, dan sebuah pintu akan terbuka. Kembali ke permukaan untuk ambil
nafas. Lara tidak bisa naik ke permukaan melalui tempat Lara masuk
tadi. Cari jalan untuk naik melalui bawah air. Masuk kembali ke ruangan
berjeruji rusak dan belok kanan. Terus lurus, naik ke permukaan sebelah
dalam, temukan sebuah ruangan lagi. Keluarlah dari ruangan ini, akan
tembus ke lorong yang tadi. Berdiri di depan lorong ini, perhatikan ke
depan. Di ujung ada sebuah pintu. Itu adalah pintu yang terbuka tadi,
temukan jalan menuju ke sana.
Di sini, pergi ke kanan untuk mengaktifkan elevator. Masuk ke elevator
dan Lara akan tiba di ruangan yang kondisinya sama dengan pintu
sebelumnya, hanya saja tidak terendam air. Setelah menekan tuas di ujung
ruangan, monitor kiri akan menyala. Keluar kembali melalui jalan masuk
tadi.
Temukan jalan menuju "point B". Geser mangkuk besar di tengah elevator
dengan cara menariknya. Tekan tombol kuning di dekatnya. Mangkuk akan
menggeser ke dekat bangunan "point A'. masukkan mangkuk ke dalam
bangunan "point A". tekan tuas yang ada di dalam bangunan, maka mangkuk
akan terisi dengan daging segar. Bawa kembali mangkuk ke tempat semula
dengan cara yang sama.
Setlah itu, temukan jalan menuju "pint C" pada ruangan "pointC" ini
Lara dapat melihat 2 monitor. Monitor kanan adalah tempat tuas no 1 dan
lubang no 2 untuk masuk ke tuas no 2. Dan monitor kiri adalah posisi
tuas no 2. Got it ? keluar dari ruangan "point C" melalui pintu kiri.
Panjat pipa untuk sampai ke atas. sesampai di atas. Tekan tombol untuk
memanggil lori. Sesampai di seberang, belok kiri, tekan tuas untuk
menurunkan tong ke dalam air. Setelah itu, keluar dari ruangan.
Temukan tuas satu (berada dalam air seperti yang terlihat pada monitor
di "point C " tadi). Untuk mengambil nafas, hampiri darah yang Lara
turunkan ke air tadi, monster nggak akan memakan Lara kalau berada di
dalam darah ini. selanjutnya masuk ke lubang no 2. Setelah event Lara
ganti baju, tekan tuas no 2,. Setelah itu, masuklah ke lubang yang
terbuka di dalam air.
The Vault of trophies
Nah,
sekarang waktunya menyelam. Telusuri jalan ini, sampai Lara menemukan
persim-pangan. Di persimpangan ada ruang untuk mearik nafas. Belok
kanan. Hati-hati arus deras. Sampai bertemu persimpangan lagi, jalan
saja lurus. Turun lebih dalam lagi ke ruangan berbatu di sebelah kiri.
Telusuri jalan ini. ketika bertemu persimpangan, belok kanan. Kemudian
kiri, lalu kiri lagi. Ketika bertemu jalan buntu. Tendang dinding
batako. Maka dinding akan runtuh. Masuk ke dalam. Temukan dinding serupa
di atas ruangan (di atas gambar ukiran dua satria yang adu pedang). Ini
adalah ruangan untuk menarik nafas. Jika ukiran di bawah di perhatikan
dengan seksama, ada dua huruf yang tertera di situ.
Sementara di bawah, ada 8 patung satria berpedang.. Nama setiap patung
satria tertera di belakang kaki masing-masing. Dan di belakang patung
satria (agak jauh) ada rantai yang bisa di tarik. Setiap rantai ditarik,
patung di depannya akan bergerak maju. Tapi hanya dua patung satria
yang bisa membukakan pintu untuk jalan keluar Lara. Awalan nama mereka
cocokkan dengan huruf yang tertera pada ukiran, di bawah lubang untuk
menerik nafas tadi. Setelah itu, sebuah jalan keluar di atas ruangan
akan terbuka. Keluarlah melalui jalan ini. Akan terlihat even Lara ganti
baju lagi.
Kemudian Lara akan berada di dalam goa yang berwarna merah. Telusuri
goa ini, hati-hati dengan big hammer. Sampai di ujungnya tekan tuas
untuk memunculkan pijakan. Pilihlah pijakan yang tepat, pijakan yang
salah akan menghancurkan pijakan yang lain. Setelah sampai di seberang,
Lara akan berada pada sebuah ruangan yang terlihat ramah. Tetapi ada 2
ekor skullo di sini. (satu aja repot, apa lagi dua). Cara menghadapinya,
giring / pancing para skullo tersebut ke tempat awal Lara datang.
Begitu dekat jurang, lompati dia sehingga Lara berada di belakangnya dan
tembak sampai si skullo tersebut sampai jatuh ke dalam jurang.
Kembali ke ruangan. Tekan tuas di samping kanan perapian. Akan membuat
Lara lebih kuat dan membuka sebuah tempat rahasia di belakang lemari
buku. Kemudian tarik tuas di samping kiri lukisan. Panjat dinding di
belakang lukisan. Sampai di atas, seberangi ruangan dengan
bergelantungan. Turun di tengah ruangan, persis di tempat yang ada
pijakannya untuk membuka sebuah ruang di belakang lemari buku
berikutnya. Lara akan mendapatkan Last Obscura Painting 5 th di sini.
Lalu api pada perapian akan padam, dan
disanalah jalan keluarnya. Lara akan berenang lagi (lagi? Ow.. No) tapi memang harus begitu.
Di dalam terowongan ini, begitu melewati gerbang, belok kanan, (kiri
buntu). Begitu bertemu persimpangan, belok kanan lagi. Saksikan eveny
yang seru. Ternyata Kurtis sudah ditangkap Eckhardc..
Boaz return
Sekarang saatnya kamu mengendalikan Kurtis.. (tidak). Hajar si monster
Boaz dengan seluruh kemampuan kurtis yang kamu tahu. Seketika kamu pasti
baru sadar, apa yang bisa kurtis lakukan, tetapi Lara tidak. Kurtis
masih tetap bisa menembak walaupun sedang jatuh.. tuh.. hebat kan.
Bahkan sambil loncatpun kurtis masih bisa menembak, dengan pasisi yang
tepat.
Boas sebenarnya tidak begitu kuat, kurtis bisa mengalahkannya jika 4
katup di punggungnya hancur. Caranya: temukan tem-bok, yang bila di
tembak, tidak meninggalkan bekas. Tembok ini berada di sudut ruangan.
De-sak dia kesana dan hajar. (memang terlihat mu-dah, saya saja butuh
waktu 4 hari untuk meng-hancurkan 4 katup si Boaz ini).
Setelah boas yang besar ini kalah, akan mun-cul boaz yang kecil,
seperti capung atau prairie dalam cerita Pater Pan. Hanya saja badan-nya
tengkorak. Ini cuma basa-basi. Sangat mudah di kalahkan. Tetapi
akhirnya kurtis kalah juga (dalam event) tertikam dari belakang seri
deh. .
The Lost Domain
Back to Lara Croff. Ambil jalan kanan. Pergi ke ujung untuk menekan
tuas agar kaki Lara sedikit lebih kuat. Kembali ke posisi awal, ambil
jalan lurus. Tekan tuas, maka gerbang di ujung akan terbuka. Bergegaslah
sebelum gerbang tertutup kembali. Buat lompatan yang bener-bener besar.
Jika gagal kembali lagi dan ulangi sekali lagi. Sampai bisa.
Di ruang berikutnya, tempat berkawah, untuk ke seberang, gunakan jalan
kiri dengan me-manfaatkan tangga. Hati-hati dengan jebakan di depan
pintu. Pintu masuk akan membelah jika Lara berhasil melewati perangkap.
Tetapi perangkap ini memang susah di lewati saperti yang terlihat.
Suaranya yang ribut kadang bikin konsentrasi buyar. Cobalah dengan
lompatan ke samping. Pasisi badan Lara lebih tinggi jika melompat ke
samping.
Eckhardt's lab
Sebelum mencapai ruangan di depan, kecepatan berfikir dan bertindak
sangat di perlukan di sini. Perangkap di dinding hampir tidak menyisakan
waktu untuk bergerak.
Dalam ruangan ini tujuan Lara adalah ruangan di balik jeruji yang
tertutup. Jeruji ini akan terbuka jika Lara memungut item Shard yang
terletak di dalam air di sebelah kanan ruangan. Masalahnya sekarang, air
itu tidak dapat di selami karena beracun. Untuk menetralisil racun,
Lara larus menemukan 3 buah tabung cairan kimia.
Tabung pertama terdapat di sudut atas panggung. Setelah memungut item
ini, tekan tuas yang berada di dekat kurungan. Pintu bawah kurungan akan
terbuka, begitu juga pintu untuk menaiki tangga. Tetapi dua skullo akan
datang. Mudah, giring dia dan jatuhkan ke dalam lubang. Naiki tangga
yang terbuka tadi untuk memasangkan tabung yang Lara dapatkan pada
sebuah ukiran batu.
Tabung ke dua berada di dalam kurungan yang tergantung, pintu untuk
masuk ke dalam kurungan ini ada di atasnya. Berdiri di dekat tangga naik
tadi, lalu lompat ke atas kurungan. Dan masuklah ke dalam kurungan
untuk mengambil tabung ke dua. Begitu di dapat, segera naik ke atas
kurungan. Karena berat Lara membuat kurungan turun ke dalam air. Berdiri
saja yang manis di atas kurungan ini. kurungannya nggak akan tenggelam
habis kok.
Tabung ke tiga berada di dalam ventelasi dalam lubang ini. perhatikan
baik-baik. Lara akan lebih mudah mengambilnya sekarang. Setelah
mendapatkan tabung ke tiga, naik ke atas dengan memanjat dinding yang
terlihat kotor. Tekan O untuk salto ke belakang.
Kemudian letakkan 2 tabung sisanya pada slot masing-masing. Satu pada
ukiran batu sebelah kiri ruangan (dari tempat kedatangan awal Lara).
Satu lagi di sebelah kanan ruangan, dekat kolam yang ber-bentuk
lingkaran. Tiga cairan kimia tadi akan menetralisir racun di dalam air
pada lolam berbentuk lingkaran Kemudian menyelam ke dalam kolam ini
untuk mengambil Shard, dan pintu gerbang akan terbuka. Masuki gerbang,
pergi ke tengah ruangan dan akan ada sebuah event.
Ternyata ke lima Obscura painting memiliki kekuatan untuk membangunkan
Sleeper. Persis seperti yang diceritakan Kurtis. Eckhardt
meng-gunakannya. Tetapi butuh waktu beberapa lama untuk membuat Sleeper
benar-benar bangun.
Kemudian setelah even tersebut, lawan Eckhardt.
Eckhardt's lab Boss: Eckhardt
Mungkin lebih
banyak menghabiskan bulet melawan musuh yang lain. Eckhardt akan dapat
di kalahkan dengan 3 kali tembak. Caranya.:
Lara akan di kelilingi medan energi. Peluru yang Lara tembakkan tidak akan mengenai Eckhardt, untuk itu tidak usah di tembak
Eckhardt I :
hindari serangan listriknya dengan melompat ke samping. Atau bisa juga
dengan tengkurap (jongkok masih terlalu tinggi). Caranya tahan segitiga,
kemudian tekan L2. Tapi cara ini bisa kalau Lara menyarungkan
senjatanya. Melompat ke samping lebih efektif kok. Timing melompat,
perhatikan bayangan serangan listrik Eckhardt untuk memastikan posisi
serangannya, hanya hindari, jangan serang balik. Eckhardt akan membuat 3
orang tiruan dirinya yang akan menerobos ke tengah dan membuat hujan
listrik. Pergilah ke dekat dinding energi untuk menghindari hujan
listriknya. Ketika Eckhardt sudah berada di tengah ruangan, hajar dengan
tembakan. Kemudian Lara akan menikamnya dengan Shard.
Eckhardt II.
: Hindari serangannya dengan pola yang sama. kali ini ia menggunakan
api, bukan listik. Perhatikan bayangan api yang berwarna merah untuk
menentukan posisi semburan api. Ketika Eckhardt berada di tengah,
setelah membuat tiruan 3 orang dirinya. Hajar lagi !. jika berhasil,
Lara akan menikamnya dengan Shard untuk ke dua kalinya.
Eckhardt III :
ia kembali menggunakan serangannya yang pertama. Lakukan cara yang
sama, hanya hindari. Dan kemudian tembak untuk terakhir kalinya. Ini
lebih mudah daripada Boaz. Saksikan event. Tikaman ke tiga Lara
dihalangi seseorang yang Lara kenal bernama Karel.
Karel :
Paling tidak seseorang yang dianggap Karel oleh Lara. Habis, dia bisa
berubah ubah sih. Ada yang unik pada boss ini. Lara bahkan tidak perlu
menembaknya. Pungut Glove di dekat mayat Eckhardt. Lalu temukan sebuah
tombol pada salah satu tiang. Lara akan menyentuhkan Glove tadi pada
tiang untuk mematikan aliran listrik. Kemudian temukan jalan ke atas
menuju Sleeper yang lagi tergantung di tengah ruangan. Di sini bahkan
tidak ada lompatan semuanya ada tangganya. Begitu sampai di lantai
paling atas di dekat sleeper, baru lompat untuk menggapai sleeper.
Saksikan event. Karel mati dengan
sendirinya oleh sinar yang dikeluarkan Sleeper. Dan Lara tidak menemukan
Kurtis, yang pasti Kurtis masih hidup.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar