Selasa, 06 Maret 2012

Manfaat Bermain Game Dalam Kegidupan Sehari-Hari



Temen2 blogger, pada suka main game gak? Game yang saya maksud disini adalah video game atau konsole yang bisa dimainkan dalam berbagai platform. Misalnya platform PlayStation, PC, Xbox, Wii, atau handheld seperti PSP, Gameboy, atau bahkan di ponsel. Bermain game sungguh menyenangkan, sampai2 bisa lupa waktu, sehingga dulu saya sampai lupa mandi, lupa makan, bahkan males kuliah karena asyiknya bermain game. Begitulah akibatnya kalau terlalu sering nge-game, kita bahkan jadi lupa segalanya.

Tapi bermain game juga ada manfaatnya. manfaatnya,yang selama ini saya dapatkan adalah melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris. Manfaat yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang Indonesia sangat buruk dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain game mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan permasalahan yang ada didalam pemainan game agar kiata bisa memenangkan game itu (Gamenya Tamat). Karena bahasa yang digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa Inggris.

Selain itu peneliti juga banyak yang penasaran apakah benar2 ada Manfaat Bermain Game dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa peneliti dari University of Rochester di New York, Amerika melakukan riset mengenai pengaruh positif dari bermain game. Dalam riset tersebut, para gamers usia antara 18 hingga 23 tahun dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama, adalah gamer yang dilatih dengan game Medal of Honor (Sebuah game FPS yang cukup terkenal). Mereka main game ini satu jam tiap hari selama sepuluh hari berturut-turut.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali. Gamer-gamer ini juga mampu menguasai beberapa hal dalam waktu yang sama atau multitasking bahasa kerennya.

Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau dengan kata lain lansia karena dengan bermain game bisa mengurangi kepikunan sebab tampa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah lansia.

Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan kejutan2 dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya : KONAMI, pembuat game SILENT HILL, dan developer game2 yang lain ingin mengatakan bahwa “dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya”

Jadi manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:


  • Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
  • Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
  • Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
  • Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
  • Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  • Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
  • Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuha

Demikian poting dari kami semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan Orang Tua yang sudah memiliki Anak agar tidak melarang Anak bermai Game tetapi harus di tetap batasi dan diawasi dalam bermain game. Apabila ada salah-salah kata atau penilisan dari Posting saya, saya meminta maaf dan mohon pembetulannya.

2 komentar:

  1. itu menurut pendapat ilmuan mana om ... bantu ane lagi bikin karya tulis

    BalasHapus
  2. kalau ga salah sih ini gan.
    peneliti dari University of Rochester di New York, Amerika

    BalasHapus