Selasa, 06 Maret 2012

Tentang Game Online di ngOpi detikInet

Awalnya saya sangat tidak suka main game online, dan cenderung ignore apa yang berbau game karena merasa akan membuat waste time serta akan membuat anak saya nantinya kecanduan.
6

Sumber foto : detikInet, dari ki-ka : Ivan Chen (Majapahit Online), Heru Nugroho (Nusantara Online), dan Arief Widhiyasa (Agatha Studio)
Tetapi pas saya hadir di acara ngOpi (ngobrolin peristiwa internet) tgl 27 Juli 2011 di kantor detik.com, dengan moderator seperti biasa @wicakhidayat, anggapan dan pandangan saya terhadap game berbalik 180 derajat, karena dari paparan para nara sumber Ivan Chen dari Majapahit online, Mas Heru Nugroho dari Nusantara Online dan Arief Widhiyasa dari Agatha Studio, ternyata dengan main game tertentu, bisa meluaskan wawasan, apalagi game online lokal yang dibuat oleh Ivan dan Mas Heru, berbasis cerita dari sejarah nusantara dan kerajaan yang dapat mempertahankan budaya serta peninggalan leluhur kita.
Seperti dikatakan Ivan (Majapahit Online) dan Mas Heru (Nusantara Online), motivasi meluncurkan game lokal adalah sebagai bukti cinta tanah air dan ingin game lokal meraja di negeri sendiri, sebab menurut cerita Mas Heru katanya ada sebuah buku sejarah kerajaan yang super tebal sempat dibeli oleh pengusaha game luar negeri, dan ceritanya serta tokohnya dibuat game online luar, wah…..ada indikasi diklaim lagi kalau bukan kita sendiri yang menjaganya.
Konsep Game Online lokal pun jangan dianggap remeh, sebab Nusantara Online pun bisa riset sampai negara Tibet, bertujuan agar kualitas game lokal bisa setara dengan game-game luar yang banyak digandrungi anak-anak sekarang juga sama fun nya.
Menurut Arif dari Agatha Studio, walau konsepnya tak berbasis cerita sejarah atau Kerajaan Nusantara, namun masih mempunyai ciri lokal dan lebih mengarah ke kebersamaan dalam membuat engine atau berbagi dalam membuat konsep yang bisa menyatukan dari game lokal lainnya.
Karena fakta sejarah belum tentu benar, maka dalam memuat cerita serta tokoh dalam sebuah game pun tetap harus hati hati, maka diperlukan sebuah riset entah itu dari buku, situs,prasasti atau apapun yang bisa dibuat acuan.
Pengalaman Ivan, Mas Heru dan Arif dalam membuat game online lokal berawal dari komunitas penyuka game, dan akhirnya saling menyumbang ide dan konsep, kadang dari satu komunitas dan komunitas lainnya bisa saling berbagi dan kolaborasi sehingga mencapai kesempurnaan konsep masing-masing.
Kadang dalam membuat sebuah konsep game bisa kolaborasi dengan IT team, pemusik juga penulis, saat membuat sebuah konsep game pun harus dalam keadaan senang dan happy karena akan berpengaruh terhadap hasilnya.
Dalam pengembangan bisnis game online, ada baiknya antara team kreatif dan marketing tidak disatukan, agar game online bisa mempunyai inovasi-inovasi yang baru dan ekspresi yang tidak berujung serta tidak terganggu.
Gak rugi ternyata saya hadir di acara ini, mengubah banget pandangan saya terhadap game, khususnya game online, jika digunakan secara tepat waktu dan diambil sisi manfaatnya ternyata sangat meluaskan wawasan ilmu yang tak hanya dalam dunia game dan memainkannya saja, bisa saja  ide kreatif terpacu, management bisnis terlatih dan sosialisasi berkomunitas dituntut karena akan membuat game yang dibuat semakin berwarna dan konten berkualitas.
Acara yang sungguh bermanfaat, oh ya buat teman teman yang berminat ikutan diskusi ini, ada setiap bulan lho biasanya ada info nya di detikInet, bisa cek disini , setiap bulan tema nya berbeda, saya sendiri sudah ikutan dua kali, acaranya malam sepulang kerja, selain dapat makan malam, ngopi, juga dapat souvenir yang cantik, dan bisa foto narsis di Expresso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar