Selasa, 06 Maret 2012

Tomb Raider: Angel of Darkness (PS2) Part 2



Maximum Containment Area
Pada zona ini saya akan banyak menggunakan istilah "kiri" dan "kanan". Itu artinya dari sisi Kurtis. Saat view belum diubah. Maksunya saat kita melihat punggung Kurtis.

Jalan aja terus, abaikan kontrol room di kiri dan genangan air beracun di kanan. Sampai ber temu persimpangan, belok kanan, hampiri pintu ke dua sebelah kiri. Kurtis akan menggunakan ilmunya untuk menemukan password. Setelah dapat, kembali ke control room yang di lewati tadi. Masukan angka tersebut, yang akan membuka 2 pintu. Masuk ke pintu yang di buka tadi, temukan ID card di dekat mayat. Begitu keluar dari ruangan ini, belok kiri, gunakan ID card tadi untuk menuju ruangan berikutnya. dari sini, belok kanan. Masuki pintu di ujung. 


Ada dua jalan di sini, lurus dan kanan. Ambil jalan kanan terlebih dahulu untuk mendapatkan ID card.

Kanan, masuki pintu di kiri. Seekor monyet mirip serigala akan nyelonong keluar. Ikuti hewan tersebut masuk ke pintu yang hanya terbuka setengah. Dari sini ikuti jalan ini sampai mentok ke sebuah pintu. Masuklah ke dalam. Kurtis akan berada di ruangan besar tempat isolasi monster monyet mirip serigala tadi. Sekarang sudah kosong. Temukan jalan menuju kandang tersebut. Naik ke atasnya. Dan melompat ke sebuah jalan yang runtuh. Di sebelah kanan posisi Kurtis naik. Jalan ini akan menghantar Kurtis ke sebuah ventelasi. Masuki ventelasi tersebut, nanti kurtis akan bertemu dengan dua mayat penjaga. Ambillah ID card di sini untuk membuka kurungan Lara. Setelah itu, Kurtis akan tiba di dekat "posisi semula".

Belok kiri, sampai mentok, belok kiri lagi. Buka pintu dengan ID card. Kurtis akan berhadapan dengan monster monyet yang mirip serigala. Hajar sambil mundur, jika ia mendekat, melompatlah ke belakangnya. Ia akan melarikan diri beberapa kali sebelum menyerang kembali. Inilah kesempatan Kurtis untuk menyembuhkan diri. Setelah ia mati (di tikam dengan pisau Kurtis dalam event). Tekan tuas. Maka pintu yang mengunci Lara akan terbuka. Saksikan even. 


Aquatic Research Area
Oke!, Lara again. Begitu keluar dari elevator ini, lihatlah pintu di depan Lara, kurang lebih sama tinggi dengan tempat Lara berdiri. Untuk menuju kesana harus lewat bawah dan naiki pipa. Tetapi masalahnya di bawah ada 2 senapan mesin otomatis dengan camera. Karena itu, belok kiri, turun lewat bagian yang tidak ada pagarnya. Kalau Lara turun lewat tangga, pasti kena berondong. Sesampai di bawah, ambil jalan yang mepet ke kiri. Lewati tiang dengan sela di bawahnya sambil merayap. Putar kran, tunggu sesaat sampai kabut biru (lebih tepatnya asap) memenuhi ruangan, lalu baru temukan pipa untuk Lara panjat menuju pintu yang terlihat tadi.

Berikutnya, tekan tombol monitor, Lara akan melihat sebuah lampu berwarna merah. Tembak lampu tersebut untuk mengatasi senapan mesin camera. Setelah lampu tadi meledak, tekan tombol, masuki pintu. Panjat tangga. Ikuti jalan ini, maka Lara akan berada di sebuah kolam besar dengan dua monitor berdampingan.

Berdiri di tepat depan monitor tersebut. Pandang sekeliling dengan tuas kanan. Agar mempermudah penyajian, saya akan beri nama masing-masing point. Perhatikan bangunan kecil yang berlampu di kiri atas, saya beri nama "point A", lift di tengah atas ruangan, saya beri nama "point B" dan bangunan di kanan atas yang lebih kecil saya beri nama "point C".

Dari titik Lara berdiri (di depan dua monitor berdampingan), pergi ke kanan, temukan sebuah lorong di sebelah kanan sekali. (paling kanan). Terjunlah ke dalam air di depan lorong ini. Masuk ke dalam jeruji yang rusak, belok kiri, tekan tuas. Monitor kanan pada point awal akan menyala, dan sebuah pintu akan terbuka. Kembali ke permukaan untuk ambil nafas. Lara tidak bisa naik ke permukaan melalui tempat Lara masuk tadi. Cari jalan untuk naik melalui bawah air. Masuk kembali ke ruangan berjeruji rusak dan belok kanan. Terus lurus, naik ke permukaan sebelah dalam, temukan sebuah ruangan lagi. Keluarlah dari ruangan ini, akan tembus ke lorong yang tadi. Berdiri di depan lorong ini, perhatikan ke depan. Di ujung ada sebuah pintu. Itu adalah pintu yang terbuka tadi, temukan jalan menuju ke sana.

Di sini, pergi ke kanan untuk mengaktifkan elevator. Masuk ke elevator dan Lara akan tiba di ruangan yang kondisinya sama dengan pintu sebelumnya, hanya saja tidak terendam air. Setelah menekan tuas di ujung ruangan, monitor kiri akan menyala. Keluar kembali melalui jalan masuk tadi.

Temukan jalan menuju "point B". Geser mangkuk besar di tengah elevator dengan cara menariknya. Tekan tombol kuning di dekatnya. Mangkuk akan menggeser ke dekat bangunan "point A'. masukkan mangkuk ke dalam bangunan "point A". tekan tuas yang ada di dalam bangunan, maka mangkuk akan terisi dengan daging segar. Bawa kembali mangkuk ke tempat semula dengan cara yang sama.

Setlah itu, temukan jalan menuju "pint C" pada ruangan "pointC" ini Lara dapat melihat 2 monitor. Monitor kanan adalah tempat tuas no 1 dan lubang no 2 untuk masuk ke tuas no 2. Dan monitor kiri adalah posisi tuas no 2. Got it ? keluar dari ruangan "point C" melalui pintu kiri. Panjat pipa untuk sampai ke atas. sesampai di atas. Tekan tombol untuk memanggil lori. Sesampai di seberang, belok kiri, tekan tuas untuk menurunkan tong ke dalam air. Setelah itu, keluar dari ruangan.

Temukan tuas satu (berada dalam air seperti yang terlihat pada monitor di "point C " tadi). Untuk mengambil nafas, hampiri darah yang Lara turunkan ke air tadi, monster nggak akan memakan Lara kalau berada di dalam darah ini. selanjutnya masuk ke lubang no 2. Setelah event Lara ganti baju, tekan tuas no 2,. Setelah itu, masuklah ke lubang yang terbuka di dalam air.

The Vault of trophies
Nah, sekarang waktunya menyelam. Telusuri jalan ini, sampai Lara menemukan persim-pangan. Di persimpangan ada ruang untuk mearik nafas. Belok kanan. Hati-hati arus deras. Sampai bertemu persimpangan lagi, jalan saja lurus. Turun lebih dalam lagi ke ruangan berbatu di sebelah kiri. Telusuri jalan ini. ketika bertemu persimpangan, belok kanan. Kemudian kiri, lalu kiri lagi. Ketika bertemu jalan buntu. Tendang dinding batako. Maka dinding akan runtuh. Masuk ke dalam. Temukan dinding serupa di atas ruangan (di atas gambar ukiran dua satria yang adu pedang). Ini adalah ruangan untuk menarik nafas. Jika ukiran di bawah di perhatikan dengan seksama, ada dua huruf yang tertera di situ.

Sementara di bawah, ada 8 patung satria berpedang.. Nama setiap patung satria tertera di belakang kaki masing-masing. Dan di belakang patung satria (agak jauh) ada rantai yang bisa di tarik. Setiap rantai ditarik, patung di depannya akan bergerak maju. Tapi hanya dua patung satria yang bisa membukakan pintu untuk jalan keluar Lara. Awalan nama mereka cocokkan dengan huruf yang tertera pada ukiran, di bawah lubang untuk menerik nafas tadi. Setelah itu, sebuah jalan keluar di atas ruangan akan terbuka. Keluarlah melalui jalan ini. Akan terlihat even Lara ganti baju lagi.

Kemudian Lara akan berada di dalam goa yang berwarna merah. Telusuri goa ini, hati-hati dengan big hammer. Sampai di ujungnya tekan tuas untuk memunculkan pijakan. Pilihlah pijakan yang tepat, pijakan yang salah akan menghancurkan pijakan yang lain. Setelah sampai di seberang, Lara akan berada pada sebuah ruangan yang terlihat ramah. Tetapi ada 2 ekor skullo di sini. (satu aja repot, apa lagi dua). Cara menghadapinya, giring / pancing para skullo tersebut ke tempat awal Lara datang. Begitu dekat jurang, lompati dia sehingga Lara berada di belakangnya dan tembak sampai si skullo tersebut sampai jatuh ke dalam jurang.

Kembali ke ruangan. Tekan tuas di samping kanan perapian. Akan membuat Lara lebih kuat dan membuka sebuah tempat rahasia di belakang lemari buku. Kemudian tarik tuas di samping kiri lukisan. Panjat dinding di belakang lukisan. Sampai di atas, seberangi ruangan dengan bergelantungan. Turun di tengah ruangan, persis di tempat yang ada pijakannya untuk membuka sebuah ruang di belakang lemari buku berikutnya. Lara akan mendapatkan Last Obscura Painting 5 th di sini. Lalu api pada perapian akan padam, dan
disanalah jalan keluarnya. Lara akan berenang lagi (lagi? Ow.. No) tapi memang harus begitu.

Di dalam terowongan ini, begitu melewati gerbang, belok kanan, (kiri buntu). Begitu bertemu persimpangan, belok kanan lagi. Saksikan eveny yang seru. Ternyata Kurtis sudah ditangkap Eckhardc.. 


Boaz return
Sekarang saatnya kamu mengendalikan Kurtis.. (tidak). Hajar si monster Boaz dengan seluruh kemampuan kurtis yang kamu tahu. Seketika kamu pasti baru sadar, apa yang bisa kurtis lakukan, tetapi Lara tidak. Kurtis masih tetap bisa menembak walaupun sedang jatuh.. tuh.. hebat kan. Bahkan sambil loncatpun kurtis masih bisa menembak, dengan pasisi yang tepat.

Boas sebenarnya tidak begitu kuat, kurtis bisa mengalahkannya jika 4 katup di punggungnya hancur. Caranya: temukan tem-bok, yang bila di tembak, tidak meninggalkan bekas. Tembok ini berada di sudut ruangan. De-sak dia kesana dan hajar. (memang terlihat mu-dah, saya saja butuh waktu 4 hari untuk meng-hancurkan 4 katup si Boaz ini).

Setelah boas yang besar ini kalah, akan mun-cul boaz yang kecil, seperti capung atau prairie dalam cerita Pater Pan. Hanya saja badan-nya tengkorak. Ini cuma basa-basi. Sangat mudah di kalahkan. Tetapi akhirnya kurtis kalah juga (dalam event) tertikam dari belakang seri deh. . 


The Lost Domain
Back to Lara Croff. Ambil jalan kanan. Pergi ke ujung untuk menekan tuas agar kaki Lara sedikit lebih kuat. Kembali ke posisi awal, ambil jalan lurus. Tekan tuas, maka gerbang di ujung akan terbuka. Bergegaslah sebelum gerbang tertutup kembali. Buat lompatan yang bener-bener besar. Jika gagal kembali lagi dan ulangi sekali lagi. Sampai bisa.

Di ruang berikutnya, tempat berkawah, untuk ke seberang, gunakan jalan kiri dengan me-manfaatkan tangga. Hati-hati dengan jebakan di depan pintu. Pintu masuk akan membelah jika Lara berhasil melewati perangkap. Tetapi perangkap ini memang susah di lewati saperti yang terlihat. Suaranya yang ribut kadang bikin konsentrasi buyar. Cobalah dengan lompatan ke samping. Pasisi badan Lara lebih tinggi jika melompat ke samping. 


Eckhardt's lab
Sebelum mencapai ruangan di depan, kecepatan berfikir dan bertindak sangat di perlukan di sini. Perangkap di dinding hampir tidak menyisakan waktu untuk bergerak.

Dalam ruangan ini tujuan Lara adalah ruangan di balik jeruji yang tertutup. Jeruji ini akan terbuka jika Lara memungut item Shard yang terletak di dalam air di sebelah kanan ruangan. Masalahnya sekarang, air itu tidak dapat di selami karena beracun. Untuk menetralisil racun, Lara larus menemukan 3 buah tabung cairan kimia.

Tabung pertama terdapat di sudut atas panggung. Setelah memungut item ini, tekan tuas yang berada di dekat kurungan. Pintu bawah kurungan akan terbuka, begitu juga pintu untuk menaiki tangga. Tetapi dua skullo akan datang. Mudah, giring dia dan jatuhkan ke dalam lubang. Naiki tangga yang terbuka tadi untuk memasangkan tabung yang Lara dapatkan pada sebuah ukiran batu.

Tabung ke dua berada di dalam kurungan yang tergantung, pintu untuk masuk ke dalam kurungan ini ada di atasnya. Berdiri di dekat tangga naik tadi, lalu lompat ke atas kurungan. Dan masuklah ke dalam kurungan untuk mengambil tabung ke dua. Begitu di dapat, segera naik ke atas kurungan. Karena berat Lara membuat kurungan turun ke dalam air. Berdiri saja yang manis di atas kurungan ini. kurungannya nggak akan tenggelam habis kok.

Tabung ke tiga berada di dalam ventelasi dalam lubang ini. perhatikan baik-baik. Lara akan lebih mudah mengambilnya sekarang. Setelah mendapatkan tabung ke tiga, naik ke atas dengan memanjat dinding yang terlihat kotor. Tekan O untuk salto ke belakang.

Kemudian letakkan 2 tabung sisanya pada slot masing-masing. Satu pada ukiran batu sebelah kiri ruangan (dari tempat kedatangan awal Lara). Satu lagi di sebelah kanan ruangan, dekat kolam yang ber-bentuk lingkaran. Tiga cairan kimia tadi akan menetralisir racun di dalam air pada lolam berbentuk lingkaran Kemudian menyelam ke dalam kolam ini untuk mengambil Shard, dan pintu gerbang akan terbuka. Masuki gerbang, pergi ke tengah ruangan dan akan ada sebuah event.

Ternyata ke lima Obscura painting memiliki kekuatan untuk membangunkan Sleeper. Persis seperti yang diceritakan Kurtis. Eckhardt meng-gunakannya. Tetapi butuh waktu beberapa lama untuk membuat Sleeper benar-benar bangun.

Kemudian setelah even tersebut, lawan Eckhardt.
Eckhardt's lab ­ Boss: Eckhardt 
Mungkin lebih banyak menghabiskan bulet melawan musuh yang lain. Eckhardt akan dapat di kalahkan dengan 3 kali tembak. Caranya.: 

Lara akan di kelilingi medan energi. Peluru yang Lara tembakkan tidak akan mengenai Eckhardt, untuk itu tidak usah di tembak 

Eckhardt I : hindari serangan listriknya dengan melompat ke samping. Atau bisa juga dengan tengkurap (jongkok masih terlalu tinggi). Caranya tahan segitiga, kemudian tekan L2. Tapi cara ini bisa kalau Lara menyarungkan senjatanya. Melompat ke samping lebih efektif kok. Timing melompat, perhatikan bayangan serangan listrik Eckhardt untuk memastikan posisi serangannya, hanya hindari, jangan serang balik. Eckhardt akan membuat 3 orang tiruan dirinya yang akan menerobos ke tengah dan membuat hujan listrik. Pergilah ke dekat dinding energi untuk menghindari hujan listriknya. Ketika Eckhardt sudah berada di tengah ruangan, hajar dengan tembakan. Kemudian Lara akan menikamnya dengan Shard. 

Eckhardt II. : Hindari serangannya dengan pola yang sama. kali ini ia menggunakan api, bukan listik. Perhatikan bayangan api yang berwarna merah untuk menentukan posisi semburan api. Ketika Eckhardt berada di tengah, setelah membuat tiruan 3 orang dirinya. Hajar lagi !. jika berhasil, Lara akan menikamnya dengan Shard untuk ke dua kalinya. 

Eckhardt III : ia kembali menggunakan serangannya yang pertama. Lakukan cara yang sama, hanya hindari. Dan kemudian tembak untuk terakhir kalinya. Ini lebih mudah daripada Boaz. Saksikan event. Tikaman ke tiga Lara dihalangi seseorang yang Lara kenal bernama Karel. 

Karel : Paling tidak seseorang yang dianggap Karel oleh Lara. Habis, dia bisa berubah ­ ubah sih. Ada yang unik pada boss ini. Lara bahkan tidak perlu menembaknya. Pungut Glove di dekat mayat Eckhardt. Lalu temukan sebuah tombol pada salah satu tiang. Lara akan menyentuhkan Glove tadi pada tiang untuk mematikan aliran listrik. Kemudian temukan jalan ke atas menuju Sleeper yang lagi tergantung di tengah ruangan. Di sini bahkan tidak ada lompatan semuanya ada tangganya. Begitu sampai di lantai paling atas di dekat sleeper, baru lompat untuk menggapai sleeper. 

Saksikan event. Karel mati dengan sendirinya oleh sinar yang dikeluarkan Sleeper. Dan Lara tidak menemukan Kurtis, yang pasti Kurtis masih hidup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar